|  Selamat Datang di Web Site Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pacitan  |
   
 PRESTASI
CSS Menu - Vertical
Juara II Gebyar Kelompok Budaya Kerja Tahun 2012 Tingkat Kabupaten
 PETA LOKASI
 PROGRAM
CSS Menu - Vertical
Program Pendidikan Politik Masyarakat
Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan
Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
Program Pengembangan Sistem Pelaporan Kinerja dan Keungan
 KEGIATAN
CSS Menu - Vertical
Operasional Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial
Pemantauan dan Pengawasan Orang Asing dan Lembaga Asing
Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ( FKDM )
Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat ( PAKEM )
Komunitas intelijen Daerah ( Kominda )
Sosialisasi Hak Asasi Manusia
Sosialisasi Pembauran Kebangsaan
Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Bagi Tokoh Masyarakat, Ormas dan Tomas
Forum Kerukunan Umat Beragama
Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan
Forum Lintas Parpol
Fasilitasi Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik
Fasilitasi Organisasi Kemasyarakatan
Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilu
Kelompok Kerja Pusat Penyelenggara Pendidikan Wawasan Kebangsaan
Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba
Sosialisasi Bahaya Radikalisme dan Terorisme di Kalangan Pemuda, Pelajar, Mahasiswa dan Tokoh Masyarakat
 SUARA ANDA
 LINK / BLOG
CSS Menu - Vertical
 STATISTIK
      SELAYANG PANDANG
Selamat Datang di website resmi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Pacitan. Website ini dibuat bertujuan untuk memberikan informasi  mengenai program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

SEJARAH  BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK  ( BAKESBANGPOL ) KAB. PACITAN

Bergulirnya Era Reformasi telah membawa dampak adanya tuntutan akan perubahan di segala bidang. Beberapa agenda pokok yang harus segera dilaksanakan Pemerintah adalah mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa, terciptanya proses demokratisasi yang jujur dan adil dan terwujudnya pelaksanaan HAM.

Berdirinya BAKESBANGPOL Kab. Pacitan merupakan salah satu upaya untuk menyikapi dan merespon harapan serta tuntutan masyarakat disamping untuk mengawal proses demokratisasi.
Dalam proses pembentukan BAKESBANGPOL Kab. Pacitan ini melalui beberapa tahapan.

Keberadaan BAKESBANGPOL  merupakan langkah yang sangat tepat karena berbagai pertimbangan berikut. Walau secara umum situasi dan kondisi politik di Kab. Pacitan  menjelang berdirinya BAKESBANGPOL Kab. Pacitan relatif aman, terkendali walaupun disana sini masih muncul gejolak yang merupakan aspirasi dari masyarakat di era reformasi.

Dari aspek Ideologi dan Politik, Pancasila yang merupakan dasar negara kita masih belum dihayati dan diamalkan secara utuh. Hal ini dilandasi dengan adanya sebagian masyarakat yang masih memperlihatkan sikap yang bertentangan dengan moral dan etika Pancasila. Dalam tatanan kehidupan sistem sosial politik, partai politik, organisasi kemasyarakatan belum berperan optimal dan mandiri sebagai wadah penampung dan penyalur aspirasi masyarakat.

Dari aspek Ekonomi, perekonomian dunia terus berubah dengan intensitas yang semakin tinggi. Dampak dari pertumbuhan dan perkembangan ekonomi telah menimbulkan kesenjangan sosial, sehingga muncul sikap menghalalkan segala cara untuk mendapatkan materi tanpa mengindahkan rasa keadilan dan rasa kemanusiaan terhadap sesama. Etos kerja, disiplin dan kreativitas belum tumbuh secara mantap di kalangan masyarakat sehingga mempengaruhi upaya menuju kemandirian ekonomi yang saat ini masih rapuh.

Dari aspek Sosial Budaya, kehidupan sistem sosial budaya secara umum mengalami kerapuhan. Dampak globalisasi terhadap negara kita antara lain dengan masuknya nilai-nilai budaya asing telah memberikan pengaruh terhadap moral dan etika kebangsaan Indonesia antara lain ditandai dengan menurunnya sikap tenggang rasa, solidaritas sosial, kemitraan sosial, gotong royong dan berkurangnya minat generasi muda akan budaya bangsa.

Dari aspek keamanan dan ketertiban, saat ini muncul kecenderungan menurunnya kadar kesadaran, kepekaan, disiplin dan daya tanggap masyarakat terhadap masalah keamanan dan ketertiban. Kesadaran bela negara secara umum belum maksimal.

Ditengah situasi dan kondisi politik itulah, proses mendirikan Badan Kesatuan Bangsa (Bakesbang) di Kab. Pacitan dihadapkan kepada berbagai tantangan. Tantangan tersebut berasal dari berbagai lapisan masyarakat maupun dari Wakil-wakil Rakyat yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Pacitan. Kenyataan ini mengakibatkan relatif panjangnya waktu yang dibutuhkan untuk berbagai tahapan persiapan hingga pengesahan Badan Kesatuan Bangsa dalam bentuk Peraturan Daerah.

Dengan mengacu kepada paradigma baru peran sosial politik Departemen Dalam Negeri, maka proses pembentukan Badan Kesatuan Bangsa Kab. Pacitan dilakukan melalui berbagai tahapan dengan melibatkan berbagai unsur lapisan masyarakat antara lain pakar, akademisi, tokoh masyarakat, pengamat, ORMAS, LSM, unsur Birokrat dan anggota DPRD.
Untuk proses penyerapan aspirasi dari semua unsur, dilakukan berbagai kegiatan diantaranya, studi banding ke Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, rapat koordinasi Kepala Direktorat sosial Politik dan Kepala Markas Wilayah Pertahanan Sipil se-Indonesia, rapat koordinasi Kepala Kantor sosial Politik se-Jawa Timur, mengadakan diskusi dan dialog, dan mengadakan Forum Komunikasi dan Konsultasi.

Berikut ini adalah kronologis terbentuknya BAKESBANGPOL Kab. Pacitan sejak awal Perda no 21 tahun 2007 tentang Organisasi Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Pacitan hingga Perda No 5 Tahun 2012 tentang Perubahan Ke dua atas  Perda No 21 Tahun 2007 tentang Organisasi Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Pacitan, penjabarannya melalui Perbup No 3 tahun 2013 Tentang Uraian tugas, fungsi dan tata kerja Bakesbangpol Kabupaten Pacitan, yang dulu nomenklaturnya BAKESBANGPOL DAN LINMAS menjadi BAKESBANGPOL.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi masyarakat.
© 2013 - 2017 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Kabupaten Pacitan