Dinas Perikanan
Dinas Perikanan
|  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERIKANAN KABUPATEN PACITAN - Pembangunan Perikanan Berkelanjutan dan Berdaya Saing untuk Kesejahteraan Masyarakat Pacitan  |  Mari tingkatkan konsumsi ikan  |  Makan Ikan Sehat, Kuat, dan Cerdas  |
   
 PRESTASI
CSS Menu - Vertical
DAFTAR PENGHARGAAN YANG DITERIMA OLEH KABUPATEN PACITAN SELAMA TAHUN 2013
PEMENANG LOMBA BIDANG PERIKANAN BUDIDAYA TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2015
 PETA LOKASI
 PROGRAM
CSS Menu - Vertical
Program pengembangan budidaya perikanan
Program Pengembangan Perikanan Tangkap
Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan
Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir
Program Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengawasan dan Pengendalian Sumberdaya Lautan
Program Pengembangan Sistem Penyuluhan Perikanan
Program Optimalisasi Pengelolaan dan Pemasaran Produksi Perikanan
Program Pengembangan Kawasan Budidaya Laut, Air Payau dan Air Tawar
Capaian Kinerja
Prestasi dan Penghargaan
Kerjasama
PROGRAM TAHUN 2016
 KEGIATAN
CSS Menu - Vertical
Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ( Gemarikan )
Pengembangan Budidaya Ikan Secara Aquaponik
Pengembangan Usaha Mina Perdesaan (PUMP) Perikanan Tangkap Kabupaten Pacitan
PENGEMBANGAN DESA PESISIR TANGGUH (PDPT)
BIMBINGAN TEKNIS BUDIDAYA SIDAT
Promosi Produk Unggulan Perikanan
STUDY BANDING BUDIDAYA UDANG INTENSIF
KEGIATAN ANTI POVERTY PROGRAM (APP) BIDANG PERIKANAN
SOSIALISASI PEMBANGUNAN KAWASAN KEBUN BIBIT RUMPUT LAUT
 SUARA ANDA
[ Triani Agustina - 31 Oktober 2016 ( 04:36:57 ) ]
Assalamualaikum wr. wb, saya Triani mhs Perikanan-UNDIP memohon untuk memberikan informasi mengenai permasalahan pembenihan pada BBI Jatigunung dan kultivan apa saja yang dibenihkan pada BBI tersebut serta apakah di BBI tersebut sudah tersedia fasilitas semisal laboratorium terkait dengan penanganan dan pengamatan parasit dan penyakit ikan. Dan apakah di BBI ini bisa menerima mhs PKL ( praktik kerja lapangan )untuk pengambilan data? terimakasih.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb. Trimakasih atas pertanyaannya. Permasalahan yang dihadapi di BBI Jatigunung adalah : 1. a. Faktor Induk, sebagian besar induk yang ada sudah mendekati afkir sehingga perlu peremajaan. b. Keterbatasan air, sebagian besar sistem inlet dan outlet masih menggunakan sistem seri belum sistem pararel sehingga produktivitas benih belum optimal. 2. Jenis yang dibudidayakan adalah jenis Nila Larasati dan Nila Best. 3. Fasilitas laboratorium sudah ada tapi ikut kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Pacitan dengan fasilitas tipe C. Sedangkan untuk penanganan parasit masih bisa kita tangani untuk jenis bakteri, plankton tetapi untuk jenis virus kita masih belum dapat tangani. 4. BBI Jatigunung bisa digunakan untuk kepentingan mahasiswa/siswa dalam PKL (Praktek Kerja Lapangan). Terimakasih.
[ dina kusumadewi - 10 Oktober 2016 ( 10:18:33 ) ]
terimakasih banyak atas jawabannya, menanggapi lebih lanjut mengenai pertanyaan saya kemarin, sy jadi tertarik membahas mengenai konflik yg ada di wil perairan kabupaten pacitan apabila sy ingin melakukan pra riset disini kira kira adakah persyaratan khusus yg harus dipenuhi ?
Terimakasih, untuk melakukan riset/penelitian di Kabupaten Pacitan, sebaiknya sdri. menghubungi kantor Bakesbangpolinmas Kabupaten Pacitan beserta surat dari Universitas sdri. yang ditujukan kepada Bakesbangpolinmas Kabupaten Pacitan guna mendapatkan ijin melakukan riset/penelitian dan pengumpulan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pacitan dan selanjutnya surat tembusan yang di dapat dari Kantor Bakesbangpolinmas dapat diserahkan di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pacitan untuk melakukan penelitian dan pengumpulan data.
[ Dina Kusumadewi - 7 Oktober 2016 ( 07:50:56 ) ]
selamat siang, sy ingin bertanya kira kira konflik apa yang pernah terjadi di wil perairan kab pacitan ? dan bagaimana mengatasi konflik tsb ?
Terimakasih, konflik yang terjadi kebanyakan dari faktor eksternal antara nelayan asli Pacitan dengan nelayan andon (pendatang)karena di perairan Pacitan pada saat tertentu hasil tangkapan ikan melimpah sehingga mengundang nelayan pendatang (andon) untuk datang mendapatkan hasil tangkapan juga,pada dasarnya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pacitan tidak merasa keberatan bagi nelayan andon untuk melakukan tangkapan di perairan Pacitan karena secara Undang-Undang hal tersebut diperbolehkan bagi Warga Negara Indonesia untuk melakukan tangkapan di wilayah perairan Negara Republik Indonesia tetapi jumlah orang atau nelayan yang masuk ke perairan Pacitan harus dibatasi dan diatur agar tidak ada kecemburuan antara nelayan lokal Pacitan dan andon serta konflik/masalah sosial yang lain seperti ketersediaan tempat tinggal yang harus disediakan oleh Pemerintah Daerah bagi nelayan andon,masalah kesehatan dan kebersihan lingkungan di Pelabuhan Pendaratan Ikan serta ketertiban dan keamanan di Tempat Pendarataan Ikan karena banyaknya nelayan andon. Cara mengatasi dari persoalan diatas dengan cara 1. Pembatasan ijin nelayan andon yang masuk di perairan Pacitan artinya nelayan andon yang masuk harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari Pemerintah Daerah Pacitan dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan, 2. Melakukan pembinaan kepada masing-masing kelompok nelayan oleh Dinas Kelauatan dan Perikanan Pacitan, 3. Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang alat dan cara penangkapan ikan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan nelayan lokal agar dapat mendapatkan hasil tangkapan yang lebih banyak. Konflik yang terjadi lainnya adalah konflik antar nelayan baik lokal dengan lokal maupun lokal dengan andon tentang Fishing Ground (Area Penangkapan) 1.Antara perahu kecil (≤ 5 Gross Ton/GT), 2.Antara perahu ≤ 5 GT dengan kapal ≥ 10 GT (Pelanggaran jalur penangkapan) disebabkan karena kapal ≥ 10 GT yang seharusnya berada minimal 4 mil laut ke atas masuk ke perairan kurang dari 4 mil laut yang diperuntukkan bagi nelayan dengan kapal ≤ 5 GT. Cara mengatasinya dengan 1. Pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan kepada masing-masing kelompok nelayan, 2. Melakukan patroli laut bersama oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Pacitan bekerjasama dengan KAMLADU (Keamanan Laut Terpadu) yang terdiri dari unsur TNI AL, Polair dan Pokmaswas/Kelompok Masyarakat Pengawas. Demikian yang dapat kami terangkan adanya konflik nelayan di Pacitan dan cara mengatasinya, Terimakasih.
[ siti munawaroh - 25 Agustus 2016 ( 07:33:48 ) ]
assalamu'alaikum saya siti dari mahasiswa uin maliki malang mau min ta data sampel tentang pengembangan penyu di pantai Taman Pacitan. Untuk mengurus ini bagaimana?
Wa'alaikumsalam. Terimakasih, Sdri. Siti Munawaroh bisa menghubungi Kantor Bakesbangpol Kabupaten Pacitan. Menurut Pengalaman kami apabila masyarakat atau akademisi membutuhkan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan bisa menghubungi Bakesbangpol Pacitan terlebih dahulu. Selanjutnya dari Kantor Bakesbangpol Pacitan akan diberi surat tembusan ke Dinas Kelautan dan Perikanan Pacitan guna keperluan yang dimaksud.
[ nanang ansori - 12 Mei 2016 ( 10:47:47 ) ]
usul aja umpama diadakan gemarikan dilaksanakan diplelen biar ditangani karang taruna pa bisa mohon petunjuk no hp 081359811877
Kami mengapresiasi peran serta masyarakat dalam mensukseskan kegiatan gemarikan termasuk peran serta pemuda yang tergabung dalam karang taruna. Dan kami akan senang jika dilakukan koordinasi langsung antara Dinas Kelautan dan Perikanan Pacitan dan masyarakat di kantor Dinas Kelautan. Terimakasih atas atensi dan sarannya.
[ nanang ansori - 12 Mei 2016 ( 10:35:31 ) ]
usul aja umpama diadakan gemarikan dilaksanakan diplelen biar ditangani karang taruna pa bisa mohon petunjuk no hp 081359811877
Kami mengapresiasi peran serta masyarakat dalam mensukseskan kegiatan gemarikan termasuk peran serta pemuda yang tergabung dalam karang taruna. Dan kami akan senang jika dilakukan koordinasi langsung antara Dinas Kelautan dan Perikanan Pacitan dan masyarakat di kantor Dinas Kelautan. Terimakasih atas atensi dan sarannya.
[ Rezal Al Hudha - 29 Maret 2016 ( 04:45:41 ) ]
mau tanya, apa ada lowongan tenaga tambahan untuk lulusan D2 di DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN, mohon infonya trimakasih
Terimakasih atas pertanyaannya. Sementara lowongan untuk D-2 belum ada di Dinas kami. Mungkin saudara dapat melamar di instansi lain yang membutuhkan lulusan D-2. Semoga saudara segera mendapatkan pekerjaan dengan kualifikasi saudara.
[ ade wicaksono - 22 Februari 2016 ( 09:42:53 ) ]
APAKAH PROGAM PEMBERDAYAAN EKONOMI NELAYAN TERLAKSANANKAN
Sdr. Ade Wicaksono, untuk saat ini Program Pemberdayaan Ekonomi Nelayan di Kabupaten Pacitan sudah Terlaksana, Terima kasih.
[ Rani Dwi Andriani - 12 Februari 2016 ( 12:18:47 ) ]
Assalamualaikum wr. wb. selamat malam bapak Admin. mohon maaf saya Rani mahasiswi jurusan Teknologi Hasil Perikanan Univ. Brawijaya, Malang semester 6. Setelah saya membuka website Dinas Perikanan dan Ilmu Kelautan saya tertarik dengan kegiatan "Gemarikan" yang merupakan program pemerintah pusat. program tersebut sesuai jurusan saya yang pernah menjadi topik di kuliah. mohon maaf pak saya ingin bertanya sampai sekarang progres dari kegiatan ini seperti apa ? mohon izin apakah saya bisa berkontribusi sebagai relawan dalam kegiatan ini? jika memang boleh alurnya seperti apa ? Saya ingin terjun langsung ke masyarakat dan salah satu cara mungkin bisa membantu di kegiatan ini. dengan megikuti kegitana ini setidaknya sebagai mahasiswi perikanan saya dapat berkontribusi nyata di daerah saya. terimakasih Pak. Contact person : 081944812044 e mail : ranidwiandriani@gmail.com wassalamualaikum wr.wb
Waaialikumsalam, Wr. Wb, Terima kasih mbak Rani Dwi Andriani atas perhatian dan keinginan berkontribusinya, tahun ini kami melaksanakan 12 kali Gemarikan ke berbagai SD di 12 Kecamatan. Bulan Maret ini ada 3 jadwal Gemarikan, yaitu : Tanggal 7, 14, dan 23 Maret 2016. Kalau saudari ingin berkontribusi dalam bentuk apapun, kami sangat berterima kasih dan terbuka, untuk selanjutnya bisa berkoordinasi ke Dinas Kelautan dan Perikanan, Terima Kasih.
[ lussy susanti - 6 Januari 2016 ( 02:58:25 ) ]
assalamualaikum wr.wb. mohon maaf saya mahasiswa universitas brawijaya, saya ingin menanyakan apakah balai benih ikan di jatigunung menerima mahasiswa PKM? Jikalau iya dapat menerima berapa mahsiswa? terimakasih
Waalaikumsalam Wr Wb, untuk informasi lebih lengkap silahkan Mbak Lussy Susanti datang langsung ke Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pacitan, Terima Kasih.
[ Deva Bimatama Putra - 9 Desember 2015 ( 07:30:41 ) ]
Assalamualaikum wr.wb. Maaf mengganggu waktunya. Saya mau tanya, apakah dinas perikanan dan kelautan kab.pacitan menerima mahasiswa utk magang? Misalkan bisa waktunya sekitar bulan apa?. Saya mahasiswa ilmu kelautan, mohon infonya Terimakasih.
Waalaikumsalam Wr Wb, Sdr. Deva Bimatama Putra, untuk saat ini Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Pacitan belum ada penerimaan mahasiswa Magang, Terima Kasih.
[ Ariena Dynasty - 3 Agustus 2015 ( 19:47:28 ) ]
Assalamualaikum wr.wb Mohon informasi mengenai penerimaan pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan Kab.Pacitan, saya sebagai putra daerah berharap bisa mengabdi untuk daerah dan mengaplikasikan ilmu yang saya peroleh selama menempuh pendidikan sarjana perikanan. Terimakasih
@ Ariena Dynasty Sebelumnya Terima kasih atas kunjungannya ke Website kami, untuk saat ini belum ada penerimaan pegawai, dan kedepan kami masih menunggu informasi resmi terkait penerimaan pegawai, karena untuk kewenangan penerimaan pegawai merupakan kewenangan Pemkab Pacitan, melalui Badan Kepegawaian Daerah Kab.Pacitan.
[ Joko - 24 Maret 2015 ( 14:33:22 ) ]
Informasi prakiraan cuaca (maritim) sangat membantu, khususnya kami sebagai nelayan, terima kasih.
Terima kasih bapak Joko, kritik dan saran saudara sangat kami butuhkan.
[ Robert - 24 Maret 2015 ( 14:19:07 ) ]
Cukup up to date dan informatif..... trims..
Terima kasih
[ Moch. Fungki Ariwibowo, S.PiJl - 21 Februari 2015 ( 14:03:39 ) ]
Kepada Yth: Bapak/Ibu Pimpinan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pacitan saya Moch. Fungki Ariwibowo, S.Pi lulusan dari Universitas Hang Tuah Surabaya jurusan Perikanan tahun 2014, ingin menanyakan apakah ada informasi lowongan bagi lulusan yang fresh graduated di Dinas Kelautan dan Periakanan Kab. Pacitan..?? Hormat saya, Moch. Fungki Ariwibowo, S.Pi 085731984636 ujangfungky@yahoo.co.id
Sdr. Moch. Fungki, Pesan anda akan kami informasikan lebih lanjut, terima kasih.
 LINK / BLOG
CSS Menu - Vertical
PEMKAB PACITAN
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
BPBD Kabupaten Pacitan
BMKG Maritim
Poklahsar Pacitan
 STATISTIK
      GALERY PHOTO
 
Previous Image   Next Image
KADIS DKP BIMBINGAN TEKNIS MINA PADI, PENINJAUAN LOKASI

© 2013 - 2017 Dinas Perikanan Pemerintah Kabupaten Pacitan