|  SELAMAT DATANG DI WEBSITE SETWAN KAB. PACITAN  |
   
 PRESTASI
CSS Menu - Vertical
 PETA LOKASI
 PROGRAM
CSS Menu - Vertical
reses
 KEGIATAN
CSS Menu - Vertical
JADWAL PEMBAHASAN RAPERDA TENTANG LPP APBD TA. 2014
JADWAL PENYUSUNAN PROLEGDA TH.2016 DAN RENJA DPRD TH. 2016
 SUARA ANDA
 LINK / BLOG
CSS Menu - Vertical
PEMKAB. PACITAN
DPRD Kab. Pacitan
KPU KAB. PACITAN
 STATISTIK
      PENGUMUMAN
KETUA DPRD SAMPAIKAN POKOK-POKOK PIKIRAN PADA MUSRENBANG KABUPATEN PACITAN
[Jumat, 18 Maret 2016]

 

POKOK-POKOK PIKIRAN DPRD KABUPATEN PACITAN
PADA MUSRENBANG KABUPATEN PACITAN
TAHUN 2017, TANGGAL 17 MARET 2016

ASSALAAMU ‘ALAIKUM WR. WB.
SALAM SEJAHTERA UNTUK KITA SEMUA.

YANG TERHORMAT BPK. GUBERNUR JAWA TIMUR YANG DALAM HAL INI DIWAKILI OLEH KEPALA BAKORWIL I MADIUN;
YANG SAYA HORMATI SDR. KEPALA BAPPEDA PROPINSI JAWA TIMUR ATAU YANG MEWAKILI;
YANG SAYA HORMATI SDR. PJ. BUPATI PACITAN YANG DALAM HAL INI DIWAKILI SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN PACITAN;
YANG SAYA HORMATI PARA WAKIL KETUA DAN SELURUH ANGGOTA DPRD KABUPATEN PACITAN;
YANG SAYA HORMATI PARA ANGGOTA FORKOPIMDA DAN KETUA PENGADILAN NEGERI PACITAN;
YANG SAYA HORMATI SDR. KEPALA BAPPEDA KAB. PACITAN DAN PARA KEPALA BAPPEDA DAERAH TETANGGA, YAITU KAB. WONOGIRI, KAB. GUNUNGKIDUL, KAB. PONOROGO, DAN KAB. TRENGGALEK.
YANG SAYA HORMATI PARA KEPALA SKPD, CAMAT, PERWAKILAN KEPALA DESA DAN KEPALA BAGIAN LINGKUP PEMERINTAH KABUPATEN PACITAN;
YANG SAYA HORMATI KETUA TIM PENGGERAK PKK KABUPATEN PACITAN BESERTA JAJARANNYA;
YANG SAYA HORMATI PARA TOKOH AGAMA, TOKOH MASYARAKAT, PENGURUS ORGANISASI KEMASYARAKATAN, WARTAWAN DAN PESERTA MUSRENBANG YANG BERBAHAGIA.
UNTUK YANG KESEKIAN KALINYA MARILAH SEJENAK KITA  MENUNDUKKAN KEPALA SERAYA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT., TUHAN YANG MAHA ESA, YANG MELIMPAHKAN RAHMAT, TAUFIK DAN HIDAYAHNYA KEPADA KITA, SEHINGGA PADA SAAT INI KITA MASIH DIBERI KESEMPATAN UNTUK HADIR BERSILATURAHIM DAN MELAKSANAKAN TUGAS PENGABDIAN KITA KEPADA MASYARAKAT PACITAN YANG KITA CINTAI INI DALAM KEADAAN SEHAT WAL AFIAT.
ATAS NAMA PIMPINAN DPRD KAMI MENYAMBUT BAIK DAN MENYAMPAIKAN APRESIASI ATAS TERSELENGGARANYA MUSRENBANG TINGKAT KABUPATEN PADA HARI INI YANG TELAH DIDAHULUI DENGAN TAHAPAN MUSRENBANG TINGKAT DESA DAN TINGKAT KECAMATAN SERTA RAPAT FORUM SKPD YANG INSYA ALLAH TELAH BERJALAN SUKSES SESUAI YANG DIRENCANAKAN.
KAMI BERHARAP FORUM MUSRENBANG INI AKAN MENJADI MOMEN PENTING UNTUK MENYATUKAN TEKAD DAN TUJUAN UNTUK MEMBANGUN DAERAH SEHINGGA PACITAN KEDEPAN AKAN SEMAKIN BERKEMBANG TIDAK KALAH DENGAN DAERAH-DAERAH LAIN YANG LEBIH MAJU.

BAPAK, IBU, DAN HADIRIN PESERTA MUSRENBANG YANG SAYA HORMATI,

PELAKSANAAN PEMBANGUNAN AKAN MENCAPAI HASIL YANG BAIK MANAKALA DIAWALI DENGAN PERENCANAAN YANG BAIK PULA. BAHKAN PERENCANAAN YANG BAIK SUDAH MERUPAKAN 50% KEBERHASILAN.
BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH SEBAGAIMANA BEBERAPA KALI DIUBAH TERAKHIR DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 9 TAHUN 2015, BAHWA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAH DAERAH DILAKSANAKAN OLEH KEPALA DAERAH BERSAMA-SAMA DPRD, DIANTARA KEDUANYA TERJALIN HUBUNGAN KEMITRAAN DALAM BENTUK “CHECK AND BALANCE” SESUAI TUGAS POKOK DAN FUNGSI MASING-MASING,  TERMASUK DIDALAMNYA DALAM HAL PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH.
SEBAGAI WAKIL RAKYAT YANG MENGEMBAN AMANAH, KAMI ANGGOTA DPRD MEMPUNYAI KEWAJIBAN UNTUK MENYERAP DAN MENAMPUNG ASPIRASI MELALUI ALAT-ALAT KELENGKAPAN KHUSUSNYA MELALUI KOMISI-KOMISI DPRD DAN JUGA PARA ANGGOTA DPRD YANG TURUN LANGSUNG KE WILAYAH KONSTITUEN MASING-MASING MENGHIMPUN USULAN DAN MASUKAN BAHAN-BAHAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN YANG MENJADI KEBUTUHAN RAKYAT, SELANJUTNYA KAMI SUSUN SEBAGAI POKOK-POKOK PIKIRAN DPRD UNTUK KAMI SAMPAIKAN DALAM FORUM MUSRENBANG TINGKAT KABUPATEN KALI INI.
OLEH KARENANYA MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN YANG KITA LAKSANAKAN KALI INI MERUPAKAN FORUM PENTING UNTUK KITA BERMUSYAWARAH MERENCANAKAN PEMBANGUNAN KABUPATEN PACITAN KHUSUSNYA RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH TAHUN 2017 AGAR LEBIH FOKUS UNTUK DISESUAIKAN DENGAN PENCAPAIAN VISI-MISI BUPATI TERPILIH YAITU “MAJU DAN SEJAHTERA BERSAMA RAKYAT”.
SEBELUM KAMI MENYAMPAIKAN POKOK-POKOK PIKIRAN DPRD, PERKENANKAN KAMI DALAM MUSRENBANG INI MENEKANKAN BEBERAPA HAL, ANTARA LAIN :
A.    DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN KEDEPAN AGAR LEBIH DIPERJELAS GOAL (TARGET) APA YANG HENDAK DICAPAI, KEMANA ARAH PEMBANGUNAN PACITAN KEDEPAN, TUJUAN DAN SASARAN APA YANG INGIN KITA RAIH, SERTA PENAJAMAN BIDANG-BIDANG YANG MERUPAKAN PRIORITAS ATAU UNGGULAN KABUPATEN PACITAN, DAN BIDANG-BIDANG PENDUKUNG LAINNYA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KEMAMPUAN ANGGARAN;

B.    PERENCANAAN PEMBANGUNAN HENDAKNYA BERPEDOMAN PADA PRINSIP ADIL DAN MERATA. ARTINYA PERENCANAAN PEMBANGUNAN MELIPUTI SEMUA BIDANG KEHIDUPAN MASYARAKAT, NAMUN DEMIKIAN PERLU FOKUS DAN PENAJAMAN PADA BIDANG-BIDANG TERTENTU YANG MENJADI PRIORITAS DAN UNGGULAN POTENSIAL KABUPATEN PACITANDI TAHUN 2017 NANTI;

C.    DALAM MENYUSUN PERENCANAAN AGAR DIUTAMAKAN KEBERSAMAAN TEAM-WORK PEMERINTAH DAERAH, DAN AGAR DITINGGALKAN KEPENTINGAN ATAU EGOSEKTORAL ANTAR SKPD, MENUJU SATU TUJUAN YAITU TERCAPAINYA VISI-MISI BUPATI PACITAN.

D.    UNTUK MEMENUHI HAK-HAK MASYARAKAT DALAM MEMPEROLEH PELAYANAN, HENDAKNYA DIUPAYAKAN PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM), KHUSUSNYA DI BIDANG PENDIDIKAN DASAR SEBAGAI INVESTASI MASA DEPAN, DENGAN HARAPAN AGAR PROSES BELAJAR-MENGAJAR BERLANGSUNG DENGAN LANCAR SERTA MENGHASILKAN TENAGA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK YANG LEBIH BERKUALITAS.

BAPAK, IBU, DAN HADIRIN PESERTA MUSRENBANG YANG SAYA HORMATI,

BERIKUT KAMI SAMPAIKAN POKOK-POKOK PIKIRAN DPRD SECARA RINGKAS SEBAGAI MASUKAN DALAM PENYUSUNAN RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH TAHUN 2017, SEBAGAI BERIKUT :
1.    DENGAN TERBITNYA BERBAGAI REGULASI DARI PEMERINTAH PUSAT YANG TERKAIT DENGAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DI DAERAH, HENDAKNYA PEMERINTAH DAERAH SEGERA MEMPERSIAPKAN BERBAGAI RANCANGAN PERATURAN DAERAH, SERTA MELAKUKAN EVALUASI PERDA-PERDA YANG DIPANDANG TIDAK SESUAI LAGI DENGAN KONDISI PERKEMBANGAN MASYARAKAT SAAT INI.

2.    DENGAN TELAH DIMULAINYA PEMBANGUNAN PELABUHAN BARANG DAN NIAGA GELON DI DESA KEMBANG KABUPATEN PACITAN, MAKA DIMASA YANG AKAN DATANG DIHARAPKAN AKAN MEMBERIKAN EFEK EKONOMI, PELUANG KERJA DAN PELUANG USAHA BAGI MASYARAKAT PACITAN. UNTUK ITU HENDAKNYA PEMERINTAH DAERAH MEMPERSIAPKAN DIRI DAN MENGANTISIPASI SEDINI MUNGKIN UNTUK MENANGKAP PELUANG TERSEBUT.  HAL ITU BISA DIMULAI DENGAN MELAKUKAN ANALISA SWOT TERHADAP KEBERADAAN PELABUHAN BARANG DAN NIAGA GELON KABUPATEN PACITAN.

3.    DENGAN TELAH DIDIRIKANNYA PERUSAHAAN DAERAH ANEKA USAHA BERDASARKAN PERATURAN DAERAN NOMOR 10 TAHUN 2008 SEBAGAIMANA TELAH DIUBAH DENGAN PERDA NOMOR 8 TAHUN 2012,  HENDAKNYA PERUSAHAAN DAERAH TERSEBUT DAPAT DIMANFAATKAN UNTUK MENANGKAP PELUANG USAHA YANG ADA, SEHINGGA KEDEPAN PERUSDA INI AKAN MEMPUNYAI PERAN YANG PENTING UNTUK MENYERAP TENAGA KERJA, MENGATASI KEMISKINAN, DAN MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH.

4.    DENGAN BEROPERASINYA PLTU SUDIMORO YANG MENGHASILKAN LIMBAH ABU BATUBARA ATAU FLY ASH, HENDAKNYA PEMERINTAH DAERAH MEMANFAATKAN  PELUANG TERSEBUT DAN JUGA PELUANG-PELUANG LAIN YANG BISA DIKEMBANGKAN.  SELAIN DARIPADA ITU, AGAR DAPATNYA PEMERINTAH DAERAH TERUS MELAKUKAN PELATIHAN-PELATIHAN KEPADA MASYARAKAT DALAM RANGKA MEMENUHI KEBUTUHAN TENAGA KERJA YANG DIBUTUHKAN OLEH PLTU PACITAN.

5.    TERKAIT DENGAN MONUMEN PANGLIMA BESAR JENDERAL SUDIRMAN DI DESA PAKISBARU KECAMATAN NAWANGAN, KAMI ATAS NAMA DPRD KABUPATEN PACITAN MENYAMPAIKAN APRESIASI TELAH TERSELESAIKANNYA PERSOALAN TANAH LOKASI MONUMEN TERSEBUT, NAMUN DEMIKIAN MASIH TERSISA PERSOALAN YANG TERKAIT DENGAN BANGUNAN DAN MONUMEN ITU SENDIRI.  UNTUK ITU KAMI MENGHARAPKAN AGAR DAPATNYA MASALAH TERSEBUT SEGERA DISELESAIKAN SEHINGGA KEDEPAN BISA MENDUKUNG PENGEMBANGAN WISATA DI KABUPATEN PACITAN.

6.    DALAM PEMBANGUNAN BIDANG PARIWISATA YANG MERUPAKAN BIDANG UNGGULAN DI KABUPATEN PACITAN, AGAR PEMERINTAH DAERAH MENYUSUN KONSEP ARAH PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN DALAM BENTUK RAPERDA RENCANA INDUK PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN KABUPATEN PACITAN YANG DISUSUN BERDASARKAN KAJIAN AKADEMIS SEBAGAI PEDOMAN PEMBANGUNAN MASA DEPAN.  SELAIN DARIPADA ITU, KAMI BERHARAP AGAR DINAS BUDPARPORA DAPAT LEBIH MENINGKATKAN FUNGSI KOORDINASI DENGAN SELURUH STAKEHOLDER PARIWISATA YANG ADA.

7.    PADA SAAT INI POTENSI WISATA DI KABUPATEN PACITAN SUDAH MULAI DIKENAL LUAS OLEH MASYARAKAT DI LUAR PACITAN BAHKAN SAMPAI MANCA NEGARA.  NAMUN DEMIKIAN KEGIATAN PROMOSI HARUS TETAP GIAT DILAKSANAKAN.  UNTUK LEBIH MEMANTAPKAN DAN MENSINKRONKAN KEGIATAN PROMOSI WISATA TERSEBUT AGAR DIBENTUK BADAN PROMOSI PARIWISATA DAERAH SEBAGAI AMANAH PERDA NOMOR 7 TAHUN 2013 TENTANG PENYELENGGARAAN PARIWISATA, YANG TERDIRI DARI UNSUR-UNSUR MASYARAKAT PELAKU USAHA PARIWISATA (HOTEL, RUMAH MAKAN, BIRO PERJALANAN, DAN SEBAGAINYA) BERSAMA UNSUR PEMERINTAH DAERAH, SEHINGGA KEGIATAN PROMOSI DAPAT BERJALAN SECARA TERPADU DAN TERKOORDINASI.

8.    DENGAN BERFUNGSINYA JALAN LINTAS SELATAN DI WILAYAH KABUPATEN PACITAN, HENDAKNYA PEMERINTAH KABUPATEN PACITAN LEBIH MEMPRIORITASKAN PEMBANGUNAN JALAN-JALAN SIRIP ATAU JALAN KOLEKTOR MENUJU SENTRA-SENTRA PEREKONOMIAN MASYARAKAT KHUSUSNYA UNTUK MENDUKUNG FASILITAS MENUJU OBYEK-OBYEK WISATA.

9.    SEHUBUNGAN DENGAN DILAKSANAKANNYA PERALIHAN KEWENANGAN BEBERAPA URUSAN YANG SEMULA MERUPAKAN KEWENANGAN DAERAH KABUPATEN MENJADI URUSAN PEMERINTAH PROVINSI ATAU PUSAT BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2014 YANG TENTUNYA DIIKUTI PERALIHAN PERSONEL, PENDANAAN, SARANA DAN PRASARANA, SERTA DOKUMEN (P3D), MAKA HENDAKNYA PEMERINTAH DAERAH MELAKSANAKANNYA SECARA SEKSAMA SEHINGGA TIDAK BANYAK KEHILANGAN ASET TERMASUK SDM YANG POTENSIAL GUNA TETAP MENDUKUNG PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAH KABUPATEN PACITAN.

10.    DALAM BIDANG PENDIDIKAN, TERKAIT DENGAN KEBERADAAN TK PEMBINA, KAMI MENGHARAPKAN AGAR DAPATNYA DIUSAHAKAN PEMENUHAN FASILITAS DAN PENINGKATAN MUTU GURU TK PEMBINA, SEHINGGA FUNGSI TK PEMBINA SEBAGAI CONTOH ATAU MODEL DALAM RANGKA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN TK BISA BERJALAN DENGAN BAIK.

11.    DPRD KABUPATEN PACITAN MEMBERIKAN APRESIASI KEPADA PEMERINTAH DAERAH YANG SENANTIASA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI KABUPATEN PACITAN.  OLEH KARENA ITU KAMI MENDORONG AGAR PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN INI TERUS DITINGKATKAN, DENGAN SALAH SATUNYA MELALUI PENINGKATAN KINERJA GURU.

12.    TERKAIT DENGAN PENGALIHAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN MENENGAH DAN KHUSUS DARI PEMERINTAH KABUPATEN PACITAN KE PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR, PEMERINTAH DAERAH AGAR MEMPERSIAPKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA.  TERUTAMA DALAM MENYESUAIKAN PROGRAM DAN KEGIATAN BIDANG PENDIDIKAN DI TAHUN 2017.

13.    DALAM RANGKA MENGAMANKAN ASET SATUAN PENDIDIKAN DI KABUPATEN PACITAN, PEMERINTAH DAERAH AGAR MENDATA TOTAL ASET YANG BELUM BERSERTIFIKAT DAN MENGANGGARKANNYA SECARA BERTAHAP SAMPAI SELESAI.

14.    PEMERINTAH DAERAH AGAR MELAKUKAN PENDATAAN JUMLAH MURID DAN JUMLAH SATUAN PENDIDIKAN YANG DIBUTUHAN DI SUATU WILAYAH, SEHINGGA TIDAK TERJADI PEREBUTAN MURID ANTAR SATUAN PENDIDIKAN.

15.    DALAM BIDANG KESEHATAN AGAR DIKEMBANGKAN SISTEM JAMINAN KESEHATAN, YAITU MEMADUKAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DENGAN JAMINAN KESEHATAN DAERAH PROVINSI DAN KABUPATEN DENGAN DUKUNGAN BASIS DATA BY NAME BY ADDRESS YANG AKURAT SERTA DUKUNGAN ANGGARAN YANG MEMADAI.

16.    DALAM HAL PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN PACITAN, AGAR DITINGKATKAN MUTU PELAYANAN DENGAN SENANTIASA MEMPERBAHARUI MANAJEMEN RUMAH SAKIT SEHINGGA SECARA BERTAHAP SEMAKIN MENDAPAT KEPERCAYAAN DARI MASYARAKAT.

17.    PEMERINTAH DAERAH AGAR MENGATUR DAN MENGAMANKAN LIMBAH MEDIS YANG BERASAL DARI PUSKESMAS DAN FASILITAS KESEHATAN LAINNYA SEHINGGA TIDAK BERDAMPAK BURUK TERHADAP LINGKUNGAN DI SEKITARNYA.

18.    DALAM BIDANG PETERNAKAN, AGAR DILAKUKAN UPAYA-UPAYA UNTUK PENINGKATAN POPULASI TERNAK, BAIK SAPI, KAMBING, AYAM, ITIK DAN LAIN-LAIN DENGAN MENGOPTIMALKAN SUMBERDAYA YANG TERSEDIA GUNA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, SERTA DENGAN PENGEMBANGAN SENTRA-SENTRA PETERNAKAN BARU.

19.    SELAIN BIDANG PARIWISATA, BIDANG PERIKANAN DARAT, YAITU USAHA TAMBAK UDANG JUGA SEDANG MENINGKAT DI KABUPATEN PACITAN.  AGAR USAHA TERSEBUT DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK DALAM JANGKA PANJANG, DIPERLUKAN PENANGANAN DAN PENGOLAHAN AIR MASUK DAN AIR KELUAR DALAM BENTUK TANDON PENAMPUNGAN.  HAL INI BERTUJUAN UNTUK MENCEGAH PENYAKIT MASUK KE DALAM TAMBAK.  OLEH KARENA ITU KAMI MENGHARAPKAN SKPD TERKAIT UNTUK MERENCANAKAN PROGRAM TERSEBUT.

20.    DENGAN DIBANGUNNYA BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DI PACITAN, MAKA HENDAKNYA FASILITAS YANG ADA DIOPTIMALKAN PEMANFAATANNYA DENGAN MENGEMBANGKAN PROGRAM PELATIHAN SERTA MENINGKATKAN SUMBERDAYA INSTRUKTUR YANG KOMPETEN KUALITAS MAUPUN KUANTITASNYA UNTUK MENYAMBUT TANTANGAN KERJA DALAM ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN.

21.    DALAM MEMPERSIAPKAN DIRI MENYAMBUT MASYARAKAT EKONOMI ASEAN INI PULA, AGAR BADAN PELAYANAN PERIZINAN DAN PENANAMAN MODAL MEREVITALISASI PERAN DAN FUNGSINYA SEHINGGA SIAP MEMBERIKAN PELAYANAN MASUKNYA INVESTASI GUNA PENINGKATAN KEMAJUAN PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PACITAN.

22.    HENDAKNYA DIKEMBANGKAN PROGRAM PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MEWUJUDKAN KONSEP “LESTARI DESAKU LESTARI HUTANKU", DAN SLOGAN "SEGER TANPO AC”, PROGRAM PENGAMANAN KANAN KIRI SUNGAI, SERTA PENGENDALIAN PENEBANGAN POHON YANG DAPAT MERUSAK KUALITAS LINGKUNGAN.

23.    KAMI MENGHARAPKAN AGAR DAPATNYA PEMERINTAH DAERAH MEMFASILITASI PEMBENTUKAN BADAN HUKUM YANG DIPERLUKAN OLEH MASYARAKAT SESUAI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU.

24.    TERHADAP MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA PNS PADA PEMERINTAH KABUPATEN PACITAN, DENGAN SEMAKIN MENINGKATNYA TUNTUTAN PROFESIONALISME PNS MENUJU REFORMASI BIROKRASI DAN PELAYANAN PRIMA, MAKA AGAR DIKAJI METODE PENINGKATAN KUALITAS SDM PNS DAN PENEMPATANNYA SESUAI BASIS PENDIDIKAN, BAKAT, DAN KEAHLIANNYA SEHINGGA DIHARAPKAN DAPAT BEKERJA LEBIH PRODUKTIF.

25.    TERKAIT DENGAN PROGRAM AGROPOLITAN DI KECAMATAN NAWANGAN DAN BANDAR YANG TELAH DICANANGKAN PEMERINTAH PADA TAHUN 2008, ADALAH PROGRAM YANG BAIK UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SESUAI POTENSI WILAYAH.  NAMUN DEMIKIAN SAMPAI SAAT INI HASIL DAN MANFAAT PROGRAM TERSEBUT BELUM BEGITU TERLIHAT. KAMI BERHARAP AGAR PROGRAM AGROPOLITAN TERSEBUT BISA DITINGKATKAN MENJADI PROGRAM AGROWISATA. UNTUK ITU HENDAKNYA PEMERINTAH DAERAH BERINISIATIF MENGAMBIL LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENINDAKLANJUTI SEKALIGUS MENYEMPURNAKAN PROGRAM TERSEBUT, MULAI DARI SISI MASTER PLAN-NYA, TATA RUANG PERTANIAN-NYA, PENINGKATAN SDM MASYARAKAT PETANI SEBAGAI PELAKSANANYA SECARA MENYELURUH, DAN LAIN-LAIN.

26.    PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN KABUPATEN SELAMA INI DIBANGUN DENGAN LEBAR KURANG LEBIH 3 (TIGA) METER, MENGINGAT SEMAKIN PADATNYA ARUS LALU LINTAS DAN ANTISIPASI PERKEMBANGAN KEDEPAN MAKA KAMI BERHARAP AGAR JALAN KABUPATEN TERSEBUT DIRENCANAKAN LEBIH LEBAR LAGI.

27.    TERKAIT DENGAN JALAN PROVINSI KHUSUSNYA RUAS ARJOSARI – PURWANTORO YANG BERLIKU DAN SEMPIT, SERTA TURUNAN DAN TANJAKAN CURAM YANG DISEBABKAN OLEH KARENA KONDISI GEOGRAFISNYA, MAKA KAMI MENGHARAPKAN AGAR PEMERINTAH DAERAH TERUS BERKOORDINASI DENGAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR DALAM MENGUPAYAKAN PELEBARANNYA.

28.    DENGAN SEMAKIN BESARNYA DANA DESA YANG TURUN, MAKA SEMAKIN BESAR PULA PERTANGGUNGJAWABAN PENGELOLAAN DANA DESA TERSEBUT.  DALAM RANGKA MEMBANTU PARA KEPALA DESA MEMPERTANGGUNGJAWABKAN DANA TERSEBUT, DIPERLUKAN PENDAMPING DESA YANG TERLATIH DAN MEMPUNYAI KEAHLIAN.  SELAIN DARIPADA ITU, PERAN PARA CAMAT SEBAGAI PEMBINA DAN PENANGGUNGJAWAB TINGKAT KECAMATAN JUGA SANGAT DIPERLUKAN, OLEH KARENA ITU DIPERLUKAN PENAMBAHAN OPERASIONAL KECAMATAN DALAM RANGKA MEMBINA SELURUH DESA YANG BERADA DI WILAYAHNYA MASING-MASING.

29.    WEWENANG PARA CAMAT YANG DIBERIKAN DELEGASI TUGAS OLEH BUPATI UNTUK MEMIMPIN WILAYAH KECAMATAN SANGATLAH STRATEGIS.  PERMASALAHAN YANG TIMBUL DI KECAMATAN JUGA MERUPAKAN TANGGUNGJAWAB PARA CAMAT UNTUK MENYELESAIKANNYA.  OLEH KARENA ITU KAMI MENGHIMBAU KEPADA SELURUH DINAS, BADAN, DAN KANTOR UNTUK SENANTIASA MELAKUKAN KOORDINASI AWAL DENGAN PARA CAMAT DALAM RANGKA MENDORONG KEBERHASILAN DAN MENGANTISIPASI PERMASALAHAN YANG AKAN TIMBUL DARI SEBUAH KEGIATAN YANG AKAN DILAKSANAKAN DI WILAYAH KECAMATAN TERSEBUT.

30.    SELAIN POKOK-POKOK PIKIRAN SEPERTI TERSEBUT DIATAS, MASIH BANYAK POKOK PIKIRAN LAINNYA YANG BERASAL DARI MASING-MASING KOMISI.  OLEH KARENA ITU, HAL TERSEBUT AKAN DIBICARAKAN LEBIH DETAIL LAGI DALAM SIDANG-SIDANG MUSRENBANG.

BAPAK, IBU DAN HADIRIN PESERTA MUSRENBANG YANG SAYA HORMATI.

DEMIKIAN POKOK-POKOK PIKIRAN DPRD YANG DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI MASUKAN DALAM RANGKA PENYUSUNAN RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH TAHUN 2017.

KEPADA SELURUH HADIRIN KAMI UCAPKAN :

SELAMAT MELAKSANAKAN MUSRENBANG

MARI KITA BEKERJA SAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA DEMI KABUPATEN PACITAN YANG LEBIH MAJU DAN LEBIH SEJAHTERA.
ADA KURANG LEBIHNYA MOHON MAAF DAN ATAS SEGALA PERHATIANNYA KAMI SAMPAIKAN BANYAK TERIMA KASIH.

WASSALAAMU ‘ALAIKUM WR. WB.


        DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN PACITAN
K E T U A



RONNY WAHYONO

© 2013 - 2017 Sekretariat Dewan Pemerintah Kabupaten Pacitan