|  SELAMAT DATANG DI WEBSITE SETWAN KAB. PACITAN  |
   
 PRESTASI
CSS Menu - Vertical
 PETA LOKASI
 PROGRAM
CSS Menu - Vertical
reses
 KEGIATAN
CSS Menu - Vertical
JADWAL PEMBAHASAN RAPERDA TENTANG LPP APBD TA. 2014
JADWAL PENYUSUNAN PROLEGDA TH.2016 DAN RENJA DPRD TH. 2016
 SUARA ANDA
 LINK / BLOG
CSS Menu - Vertical
PEMKAB. PACITAN
DPRD Kab. Pacitan
KPU KAB. PACITAN
 STATISTIK
      PENGUMUMAN
LAPORAN HASIL KERJA PANJA LHP BPK TUJUAN TERTENTU
[Sabtu, 16 Januari 2016]

 

LAPORAN PANITIA KERJA

DPRD KABUPATEN PACITAN

PEMBAHAS

LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN BPK-RI PERWAKILAN PROPINSI JAWA TIMUR

DENGAN TUJUAN TERTENTU ATAS BELANJA INFRASTRUKTUR GEDUNG DAN BANGUNAN SERTA JALAN, IRIGASI DAN JEMBATAN TAHUN ANGGARAN 2015

 

DI SAMPAIKAN DALAM RAPAT PARIPURNA

DPRD KABUPATEN PACITAN

JUM,AT 15   JANUARI  2016

 

DIBACAKAN OLEH

WIDADI

 

ASSALAMU ‘ALAIKUM WARAKHMATULLAHI WABAROKATUH

 

YTH, SAUDARA KETUA DPRD DAN WAKIL KETUA DPRD KABUPATEN PACITAN

YTH, PARA  ANGGOTA DPRD KABUPATEN PACITAN

YTH, SAUDARA SEKRETARIS DPRD BESERTA STAF SEKRETARIAT DPRD DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA

 

SEJENAK MARILAH KITA MEMANJATKAN DOA DAN MENGUCAP SYUKUR ALHAMDULILAH KEHADIRAT ALLOH SWT, KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAD, TAUFIK DAN HIDAYAHNYA PADA HARI INI KITA DAPAT MENGHADIRI RAPAT PARIPURNA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT.

SHOLAWAT DAN SALAM MARILAH SENANTIASA KITA PANJATKAN KEHADIRAT  JUNJUNGAN KITA NABI AGUNG MUHAMMAD SAW, YANG SENANTIASA KITA   HARAPKAN SAFAATNYA DI YAUMUL KIYAMAH. AMIN.

 RAPAT PARIPURNA YANG BERBAHAGIA

 PERKENANKAN KAMI PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI MENYAMPAIKAN  UCAPAN TERIMAKASIH  KEPADA:

1. PIMPINAN DPRD YANG TELAH MEMBERIKAN KEPERCAYAAN KEPADA KAMI PANITIA KERJA UNTUK MEMBAHAS LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN BPK-RI DENGAN TUJUAN TERTENTU ATAS BELANJA INFRASTRUKTUR GEDUNG DAN BANGUNAN SERTA JALAN, IRIGASI DAN JEMBATAN TAHUN ANGGARAN 2015

2.     BADAN MUSYAWARAH DPRD YANG TELAH  MENGALOKASIKAN WAKTU UNTUK JADWAL PEMBAHASAN LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN BPK-RI DENGAN TUJUAN TERTENTU ATAS BELANJA INFRASTRUKTUR GEDUNG DAN BANGUNAN SERTA JALAN, IRIGASI DAN JEMBATAN TAHUN ANGGARAN 2015  INI.

3.KEPADA FRAKSI–FRAKSI YANG MENDELEGASIKAN DAN MEMPERCAYAKAN PEMBAHASAN INI KEPADA KAMI.

 RAPAT PARIPURNA DPRD YANG KAMI HORMATI

 SEBAGAIMANA KITA KETAHUI BERSAMA BAHWA LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN BPK-RI DENGAN TUJUAN TERTENTU ATAS BELANJA INFRASTRUKTUR GEDUNG DAN BANGUNAN SERTA JALAN, IRIGASI DAN JEMBATAN TAHUN ANGGARAN 2015  INI  TELAH DISAMPAIKAN KEPADA DPRD.  

DALAM LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN BPK-RI TERSEBUT DITEMUKAN LIMA  KELEMAHAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN TIDAK KEPATUHAN DALAM PENGELOLAAN BELANJA MODAL INFRASTRUKTUR GEDUNG DAN BANGUNAN SERTA JALAN, IRIGASI DAN JEMBATAN, YAITU  :

1. PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PENGELOLAAN KEGIATAN BELANJA INFRASTRUKTUR GEDUNG DAN BANGUNAN SERTA JALAN IRIGASI DAN JEMBATAN PADA TIGA SKPD BELUM MEMADAI.

2.   KEKURANGAN VOLUME ITEM PEKERJAAN BETON DAN KUALITAS BETON TIDAK SESUAI SPESIFIKASI ATAS PAKET PEMBANGUNAN PASAR PUNUNG PADA DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET SENILAI 586 JUTA 858 RIBU 827 RUPIAH 76 SEN.

3.    KEKURANGAN VOLUME ATAS 21 KOTRAK PAKET PEMELIHARAAN JALAN DAN 9 KONTRAK PAKET PENINGKATAN JALAN PADA DINAS BINA MARGA DAN PENGAIRAN SENILAI 752 JUTA 561 RIBU 885 RUPIAH 38 SEN, DAN 41 KONTRAK PAKET PENINGKATAN JALAN LINGKUNGAN PADA DINAS CIPTA KARYA TATA RUANG, DAN KEBERSIHAN SENILAI 247 JUTA 824 RIBU 221 RUPIAH 23 SEN.

4.     KEKURANGAN VOLUME ITEM PEKERJAAN TANAH DAN STRUKTUR ATAS KONTRAK PAKET PEMBANGUNAN JEMBATAN DEMBO PADA DINAS BINA MARGA DAN PENGAIRAN SENILAI 122 JUTA 71 RIBU 394 RUPIAH 12 SEN.

5. KEKURANGAN VOLUME ITEM PEKERJAAN BETON ATAS KONTRAK PAKET PEMBANGUNAN JEMBATAN PAGUTAN PADA DINAS BINA MARGA DAN PENGAIRAN SENILAI 20 JUTA 877 RIBU 633 RUPIAH 48 SEN.

 

HASIL PEMERIKSAAN TERSEBUT MENUNJUKKAN BAHWA SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN PELAKSANAAN PENGELOLA DAN PERTANGGUNGJAWABAN BELANJA TERSEBUT BELUM SEPENUHNYA SESUAI DENGAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 54 TAHUN 2010 TENTANG PENGADAAN BARANG / JASA PEMERINTAH BESERTA PERUBAHANNYA. 

RAPAT PARIPURNA YANG KAMI HORMATI

 SESUAI DENGAN TUGAS DAN MANDAT YANG DIBERIKAN KEPADA KAMI, MAKA PANITIA KERJA TERHADAP TEMUAN PEMERIKSAAN TERSEBUT DI ATAS  TELAH MELAKUKAN PENCERMATAN, PEMBAHASAN DAN KLARIFIKASI  DENGAN PEMERINTAH DAERAH YANG DIWAKILI OLEH SKPD TERKAIT, SERTA MELIBATKAN KONSULTAN PERENCANA DAN  PELAKSANA JASA KONTRUKSI. TERHADAP KEGIATAN YANG TELAH KAMI LAKUKAN ITU PANITIA KERJA MEMBERIKAN CATATAN MAUPUN REKOMENDASI  SEBAGAI BERIKUT  :

1. DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM/KEGIATAN PADA SEMUA SKPD, MAKA PROSES PERENCANAAN HARUS DIBERIKAN WAKTU YANG LONGGAR SEHINGGA DENGAN LONGGARNYA WAKTU TERSEBUT  PERENCANA DAPAT MELAKUKAN PERENCANAAN YANG LEBIH CERMAT BAIK MENGENAI GAMBAR, VOLUME MAUPUN HARGA SATUAN.

2. UNTUK MELAKSANAKAN PAKET PEKERJAAN, PEMERINTAH DAERAH DALAM MEMILIH PELAKSANA PEKERJAAN DILAKUKAN MELALUI PROSES LELANG DAN PENGADAAN LANGSUNG YANG MEKANISMENYA DI ATUR BERDASARKAN  :

A. PERATURAN PRESIDEN NOMOR 54 TAHUN 2010 TENTANG PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH SEBAGAIMANA DIUBAH TERAKHIR DENGAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 4 TAHUN 2015.

B. PERATURAN BUPATI NOMOR 34 TAHUN 2014 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN PENGADAAN BARANG / JASA PEMERINTAH KABUPATEN PACITAN TAHUN 2015.

 

SETELAH PROSES PEMILIHAN PELAKSANA  PEKERJAAN BAIK MELALUI LELANG DAN PENGADAAN LANGSUNG BERDASARKAN PERATURAN TERSEBUT DI ATAS, UNTUK SELANJUTNYA DALAM UPAYA MEMINIMALISIR TEMUAN BPK TERHADAP KELEBIHAN PEMBAYARAN YANG DI AKIBATKAN OLEH KEKURANGAN VOLUME PEKERJAAN, MAKA  PEMERINTAH DAERAH HARUS MENERBITKAN STANDAR OPERASINAL PROSEDUR (SOP) YANG MENGATUR MEKANISME ATAU TATA CARA KEGIATAN PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN TERHADAP PELAKSANAAN PEKERJAAN.

3. PELAKSANAAN KEGIATAN HARUS DILAKUKAN SESUAI  KUALITAS, KWANTITAS DAN WAKTU YANG TERCANTUM DALAM DOKUMEN KONTRAK.

UNTUK MEREALISASIKAN HAL TERSEBUT MAKA DIPERLUKAN SDM PENGAWAS YANG MEMADAI BAIK JUMLAH MAUPUN KUALITASNYA.

KONDISI SAAT INI PENGAWAS YANG ADA MASIH MINIM, MENGINGAT PADA BEBERAPA SKPD TERDAPAT SATU PENGAWAS BERTUGAS MENGAWASI 25 PAKET PEKERJAAN DAN BERLOKASI DI TIGA KECAMATAN. UNTUK ITU KAMI MEREKOMENDASIKAN AGAR PEMERINTAH DAERAH MENGAMBIL KEBIJAKAN DAN BERUPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENGAWAS.   

4. TERKAIT DENGAN TEMUAN PEMERIKSAAN YANG MENYEBUTKAN TERDAPAT KELEBIHAN PEMBAYARAN, MAKA PANITIA KERJA MEREKOMENDASIKAN AGAR ATAS KELEBIHAN PEMBAYARAN PADA DINAS BINA MARGA DAN PENGAIRAN, DINAS CIPTA KARYA TATA RUANG DAN KEBERSIHAN, SERTA DINAS PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET UNTUK SEGERA DIPERTANGGUNG JAWABKAN,   DISELESAIKAN DAN DI SETORKAN  KE KAS DAERAH MELALUI MEKANISME PENYELESAIAN KERUGIAN DAERAH.     

5. PANITIA KERJA MENGHARAPKAN KEPADA PIMPINAN DPRD UNTUK MEREKOMENDASIKAN KEGIATAN KONSULTASI KE BPK-RI PERWAKILAN PROPINSI JAWA TIMUR TERKAIT DENGAN PENYAMAAN PERSEPSI TENTANG STANDAR  PEMERIKSAAN. 

KARENA SELAMA INI SKPD MERASAKAN ADANYA STANDAR PEMERIKSAAN BPK YANG SELALU BERUBAH-UBAH DAN BERBEDA-BEDA SETIAP TAHUNNYA.

6.     SELAIN HAL TERSEBUT, DALAM PELAKSANAAN PEKERJAAN TAHUN 2016 INI, PANITIA KERJA JUGA MEREKOMENDASIKAN HAL-HAL SEBAGAI BERIKUT :

A. PERLU ADANYA PENINJAUAN ULANG TERHADAP HARGA SATUAN KHUSUSNYA TENAGA KERJA DAN HARGA MATERIAL DI DAERAH-DAERAH YANG EKSTRIM/TERPENCIL YANG DIRASAKAN OLEH PENYEDIA JASA MASIH TIDAK SESUAI DENGAN KONDISI RIIL.

B. PENINJAUAN ULANG TERHADAP ADANYA BEBERAPA ITEM BAHAN YANG BELUM MASUK DALAM KEPUTUSAN BUPATI TENTANG STANDART HARGA SATUAN. CONTOHNYA HARGA SATUAN ATAS BAHAN PAVING.

 RAPAT PARIPURNA YANG KAMI HORMATI

 DEMIKIAN LAPORAN PANITIA KERJA DPRD KABUPATEN PACITAN, YANG DAPAT KAMI SAMPAIKAN, DENGAN HARAPAN DAPAT BERMANFAAT DAN DI JADIKAN REFERENSI UNTUK PENINGKATAN PELAKSANAAN PEKERJAAN INFRASTRUKTUR PADA TAHUN SELANJUTNYA.

TERIMA KASIH ATAS BERKENANNYA MENGIKUTI PENYAMPAIAN LAPORAN PANITIA KERJA INI,  DAN MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGANNYA.

 

WASSALAMU ‘ALAIKUM WARAKHMATULLOHI WABAROKATUH.

 

PANITIA KERJA

DPRD KABUPATEN PACITAN

PEMBAHAS

LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN BPK-RI

PERWAKILAN PROPINSI JAWA TIMUR

DENGAN TUJUAN TERTENTU ATAS BELANJA INFRASTRUKTUR GEDUNG DAN BANGUNAN SERTA JALAN, IRIGASI DAN JEMBATAN

TAHUN ANGGARAN 2015

 

KETUA

ttd

 PUJO SETYO HADI S.Pt

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

16.

WAKIL KETUA

SEKRETARIS

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

ANGGOTA

WIDADI

PRABOWO, SE

SUPRIHATI WINARCAHYANI

INDRATA NUR BAYU AJI, SS

JOKO SUSILO HADI, SH

RUDI HANDOKO

ANUNG DWI RISTANTO

LANCUR SUSANTO, S.Sos

DANDUNG WAHYU WIBOWO

TEJO KUSMORO, S.Sos

Drs. EKO SETIYORANU

HERIYANTO, S.Pd

RUDI HARTOYO, SE

SUWANDI IWAN SUHENDRA

SAMSURI, SH

HANDONO

© 2013 - 2017 Sekretariat Dewan Pemerintah Kabupaten Pacitan