|  DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 70  |
   
 PRESTASI
CSS Menu - Vertical
ADIPURA
 PETA LOKASI
 PROGRAM
CSS Menu - Vertical
Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
Program Peningkatan dan Pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan
Program Pengembangan Kinerja Pengelolaan Persampahan
Program Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup
Program Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam
Program Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH)
Program Pembinaan Lingkungan Sosial Bidang Lingkungan Hidup
 KEGIATAN
CSS Menu - Vertical
Pengendalian dan Pengawasan Pemanfaatan SDA
Koordinasi Penilaian Adiwiyata Di Kabupaten Pacitan
Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengendalian Lingkungan Hidup
Koordinasi Pengelolaan Prokasih/Superkasih
Pengawasan Pelaksanaan Kebijakan Bidang Lingkungan Hidup
Pemantauan Kualitas Lingkungan
Koordinasi Penilaian Kota Sehat/Adipura
Pengolahan Sampah (DAK)
Peningkatan Operasi dan Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Persampahan
Penyediaan Prasarana dan Sarana Pengelolaan Persampahan
Penyusunan Perencanaan dan Laporan Capaian Kinerja Perangkat Daerah
Peningkatan dan Pengelolaan Administrasi Perkantoran
Panataan RTH
Pemeliharaan RTH
Pengelolaan Taman Kehati
Penerapan Sistem Manajemen Lingkungan Bagi Masyarakat di Lingkungan Industri Hasil Tembakau dan/atau Penghasil Bahan Baku Industri Hasil Tembakau
 SUARA ANDA
 LINK / BLOG
CSS Menu - Vertical
pemkab pacitan
Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa
kementerian lingkungan hidup
BLH Jawa Timur
 STATISTIK
      BERITA
PENGUMUMAN KOTA PENERIMA ADIPURA ADIPURA KENCANA 2015 DIUNDUR
[Senin, 13 Juli 2015]

Pengumuman kota penerima Adipura Adipura Kencana Tahun 2015 diundur. Pada penganugerahan di tahun-tahun sebelumnya, kota dan kabupaten penerima penghargaan Adipura Kencana dan Anugerah Adipura diumumkan pada tanggal 5 Juni, dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Namun pada tahun 2015 ini, berbeda. Pengumuman dan penyerahan penghargaan Adipura Kencana dan Anugerah Adipura diundur pelaksananaannya hingga bulan Agustus 2015.
Kepastian tentang diundurnya pengumuman dan penyerahan penghargaan Adipura Kencana dan Anugerah Adipura didapat dari Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Penghargaan paling bergengsi di bidang lingkungan hidup yang diterima kota di Indonesia itu urung diumumkan pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni 2015.
Dengan pengunduran tersebut, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hanya akan mengumumkan dan menyerahkan Penerima Kalpataru 2015, Sekolah Adiwiyata Mandiri 2015, dan penghargaan Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) terbaik untuk pemerintah daerah.
Penghargaan Adipura sendiri merupakan penghargaan kepada kota-kota di seluruh Indonesia yang dinilai berhasil dalam mewujudkan kota yang bersih dan memiliki pengelolaan lingkungan hidup. Penilaiannya meliputi berbagai aspek terkait lingkungan hidup seperti pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan tanah, perubahan iklim, sosial, ekonomi serta keanekaragaman hayati. Penghargaan Adipura dibagi dalam dua tingkatan yaitu Adipura Kencana dan Anugerah Adipura. Adipura Kencana diberikan kepada kota-kota dengan hasil penilaian tertinggi dan melebihi batas pencapaian yang ditetapkan.
Bagi kota-kota di Indonesia, menerima penghargaan Adipura, apalagi Adipura Kencana, menjadi prestise tersendiri. Tidak urung berbagai cara dan upaya dilakukan untuk mendapatkan penghargaan tersebut tiap tahunnya. Sehingga sudah jamak, setiap tanggal 5 Juni, pemerintah kota/kabupaten beserta penduduknya berharap-harap cemas bupati/wali kota -nya diundang ke Istana Negara untuk menerima penghargaan tersebut. Dan ketika berhasil meraihnya, acara besar berupa arak-arakan dan sebagainya digelar bersama rakyat.
Namun khusus untuk tahun 2015 ini, tampaknya dibutuhkan kesabarana ekstra bagi pemerintah kota dan kabupaten se-Indonesia, beserta penduduknya, untuk merayakan kegembiraan atas keberhasilannya meraih piala Adipura.

Kembali
© 2013 - 2018 Kantor Lingkungan Hidup  Pemerintah Kabupaten Pacitan