|  SELAMAT DATANG DI WEBSITE SETWAN KAB. PACITAN  |
   
 PRESTASI
CSS Menu - Vertical
 PETA LOKASI
 PROGRAM
CSS Menu - Vertical
reses
 KEGIATAN
CSS Menu - Vertical
JADWAL PEMBAHASAN RAPERDA TENTANG LPP APBD TA. 2014
JADWAL PENYUSUNAN PROLEGDA TH.2016 DAN RENJA DPRD TH. 2016
 SUARA ANDA
 LINK / BLOG
CSS Menu - Vertical
PEMKAB. PACITAN
DPRD Kab. Pacitan
KPU KAB. PACITAN
 STATISTIK
      BERITA
DPRD PACITAN SEPAKATI POSTUR APBD 2017
[Jumat, 25 November 2016]

DPRD Pacitan, melalui rapat paripurna yang di gelar pada Jum’at (11/11/2017) menyepakati postur APBD induk tahun anggaran 2017.

Dalam pembahasan Raperda APBD tahun anggaran 2017, sesuai dengan penjadwalan badan musyawarah, maka pendalamannya dilakukan dengan beberapa tahap. Yakni oleh badan anggaran DPRD Pacitan sebagai dukungan awal pembahasan guna referensi pada pembahasan tingkat fraksi, komisi-komisi dan pembahasan di tingkat gabungan komisi.

APBD 2017 ada sedikit perubahan dibandingkan saat perencanaan awal lalu. Perinciannya, pendapatan daerah yang awalnya diproyeksikan sebesar Rp 1,595 triliun, setelah disesuaikan dengan perubahan pagu indikatif menjadi sebesar Rp 1,535 triliun. Dengan rincian, pendapatan asli daerah Rp 139,134 miliar, dana perimbangan Rp 1,137 triliun,  dan lain-lain pendapatan daerah yang sah Rp 258,951 miliar.

Sedangkan, belanja daerah yang awalnya direncanakan sebesar Rp 1,632 triliun, setelah dilakukan penyesuaian alokasinya turun menjadi Rp 1,572 triliun. Sementara, belanja langsung yang pada draf awal sebesar Rp 539,16 miliar berubah menjadi Rp 517,1 miliar.

Adapun rincian untuk belanja langsung adalah sebagai berikut. Belanja pegawai Rp 55,273 miliar, belanja barang dan jasa Rp 222,510 miliar, dan belanja modal Rp 239,216 miliar.

Sedangkan belanja tidak langsung rinciannya adalah belanja pegawai Rp 734,672 miliar, belanja hibah Rp 22,380 miliar, belanja bantuan sosial Rp 7,858 miliar, belanja bagi hasil Rp 5, 044 miliar, belanja bantuan keuangan Rp 282,521 miliar dan belanja tidak terduga Rp 2,649 miliar.

Kemudian untuk pembiayaan daerah, berdasar perbandingan antara rencana pendapatan daerah dan rencana belanja daerah, terjadi defisit anggaran sebesar Rp 36,3 miliar. Defisit tersebut akan dipenuhi dengan pembiayaan netto, yaitu selisih antara penerimaan pembiayaan setelah dikurangi pengeluaran pembiayaan. Dengan rincian, penerimaan pembiayaan Rp 39,259 miliar dan pengeluaran pembiayaan Rp 2,950 miliar.

Selain perangkaan, gabungan komisi melalui juru bicaranya Prabowo juga menyoroti beberapa hal, diantaranya sumbangan sukarela di sekolah seringkali menjadi perhatian masyarakat. Untuk itu, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan agar terus memantau dan melakukan sosialisasi terkait aturan mengenai hal tersebut kepada sekolah dan melakukan evaluasi rencana kerja dan anggaran sekolah.

Prabowo yang juga Ketua Komisi III juga meminta pemerintah daerah melakukan antisipasi agar tidak terjadi lagi wabah virus anthrax yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Untuk Dinas Kesehatan, selain perlunya penanganan limbah medis, sarana dan prasarana puskesmas, pustu, polindes, dan poskesdes harus dilakukan secara berkelanjutan sesuai standar yang telah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan.

Terkait infrastruktur, Prabowo mengatakan instansi terkait harus terus melakukan koordinasi dengan pemerintah diatasnya, seperti peningkatan jalan propinsi Arjosari-Purwantoro. Peningkatan jalan menuju obyek wisata unggulan juga harus menjadi prioritas. Meskipun pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Sementara itu, Bupati Pacitan Indartato dalam sambutannya mengatakan seluruh tahapan penyusunan rancangan APBD yang dijadwalkan telah dilaksanakan bersama-sama dan berjalan lancer. Ini menunjukkan komitmen yang kuat antara pemerintah daerah dan DPRD dalam membangun sinergi membawa Pacitan kearah yang lebih baik.

“Dengan ketepatan penyusunan rancangan APBD ini kita harapakan kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan dapat berjalan lebih awal sehingga dapat segera dinikmati oleh masyarakat,” kata Bupati Indartato.

Bupati Indartato juga menyampaikan terima kasih terhadap pendapat akhir fraksi-fraksi, baik yang berupa saran, usul, himbauan, dan kritik yang sifatnya membangun. Hal itu sangat berguna bagi penyusunan anggaran yang akan dating. Tentunya dengan tetap memperhatikan skala prioritas, program, kegiatan, dan kemampuan keuangan daerah.

Kembali
© 2013 - 2017 Sekretariat Dewan Pemerintah Kabupaten Pacitan