|  TANAM POHON SEKARANG ! UNTUK KEHIDUPAN DIMASA DEPAN YANG LEBIH BAIK  |  LINDUNGI MATA AIR SEKARANG! AGAR TIDAK TERJADI AIR MATA DIKEMUDIAN HARI  |
   
 PRESTASI
CSS Menu - Vertical
 PETA LOKASI
 PROGRAM
CSS Menu - Vertical
Program Peningkatan Sistem Pengawasan Internal dan Pengendalian pelaksanaan Kebijakan KDH
 KEGIATAN
CSS Menu - Vertical
Koordinasi Pengelolaan Geopark Gunungsewu Geoarea Pacitan
Sosialisasi Pengelolaan Kawasan Sumber Air
Sosiaisasi Pengelolaan Wilayah Pesisir Pantai (Desa Widoro Kecamatan Donorojo)
Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Sumber Daya Alam
 SUARA ANDA
 LINK / BLOG
CSS Menu - Vertical
sda.jatimprov.go.id
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup
Kementerian Pertanian
Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Prov. Jatim
Pusat Data Provinsi Jatim
 STATISTIK
      BERITA
PERLINDUNGAN SUMBER AIR BERSIH HARUS MENDAPAT PERHATIAN KHUSUS
[Senin, 20 Juni 2016]

Pentingnya air bagi kehidupan manusia dan banyaknya permasalahan terkait sumber air bersih maka upaya perlindungan sumber air bersih harus mendapat perhatian khusus dari Pemerintah.
Hal tersebut ditekankan Kepala Bagian Administrasi Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Pacitan Drs. Windarto dalam acara Sosialiasi Pengelolaan Kawasan Sumber Air Bersih di Desa Kluwih Kecamatan Ngadirojo pada Rabu, 25 Mei 2016 yang lalu.

Sosialisasi yang dihadiri oleh kurang lebih 175 (seratus tujuh puluh lima) warga dan tokoh masyarakat Desa Kluwih ini menghadirkan narasumber dari Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pacitan.

Adapun tujuan perlindungan sumber air antara lain :

1. Menjaga kelangsungan keberadaan, daya dukung, daya tampung, ekosistem dan fungsi mata air.

2. Memelihara keberadaan sumber air agar senantiasa tersedia dalam kuantitas dan kualitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan makluk hidup.

3. Melindungi mata air beserta lingkungan terhadap kerusakan atau ganggungan yang disebabkan oleh daya rusak alam, termasuk kekeringan yang yang disebabkan oleh ulah manusia.

Upaya perlindungan sumber mata air tersebut juga harus mengikuti kaidah kaidah konservasi sumber air antara lain Pembuatan Teras guludan, Teras Bangku, Pembuatan Dam, Pengendali/Dpi Pembuatan Dam, Penahan / DPn Pembuatan Embung Air, Pembuatan Sumur Resapan dan Pembuatan Biopori.

Selain itu banyak permasalahan air bersih yang dihadapi di Kabupaten Pacitan secara umum diantaranya : Layanan belum bisa menjangkau secara menyeluruh, Krisis air, Penebangan liar, Tanaman kurang mampu menyimpan air, Kemarau panjang.

Dalam sosialisasi ini juga ditekankan kepada masyarakat agar selalu menjaga sumber mata air di lingkungannya masing masing dengan cara menanam tanaman yang menyimpan air seperti gayam, bambu, trembesi, dan beringin dalam radius 200 (dua ratus) meter sekitar sumber air.

Kembali
© 2013 - 2017 Bagian Adm. Sumber Daya Alam Pemerintah Kabupaten Pacitan